Workshop Nasional Strategi Meraih Akreditasi Internasional (WNSMAI), 18-19 April 2017

Workshop Nasional Strategi Meraih Akreditasi Internasional (WNSMAI), 18-19 April 2017

lpm.umi.ac.id : Akreditasi Internasional merupakan upaya suatu perguruan tinggi dan program studi untuk menunjukkan bahwa program memiliki sistem penjaminan mutu akademik yang diakui secara internasional. Dengan demikian lulusan diharapkan memiliki kualifikasi yang setara dengan yang ditetapkan oleh badan pemberi akreditasi.

Bagi perguruan tinggi dan program studi, perolehan akreditasi internasional diharapkan memberikan keuntungan antara lain meningkatkan minat mahasiswa masuk program studi, pengguna lulusan mengetahui tingkat persiapan mahasiswa untuk memasuki dunia profesi, dan sekolah pasca sarjana mengetahui tingkat persiapan keilmuan calon mahasiswa. Manfaat lain dari akreditasi internasional adalah mempermudah mobilitas dalam pertukaran mahasiswa karena mahasiswa memiliki kualifikasi yang jelas.

Paradigma penting dalam akreditasi internasional adalah menjadikan capaian pembelajaran (outcomes), asesmen dan evaluasi pencapaiannya sebagai basis penjaminan mutu dan perencanaan strategi akademik. Hal ini menuntut perubahan dalam berbagai aspek pelaksanaan pendidikan, mulai dari penentuan profil lulusan, penentuan capaian pembelajaran, perancangan kurikulum, asesmen capaian pembelajaran, evaluasi, dan tindakan perbaikan berkelanjutan. Selain perubahan mendasar tersebut, Perguruan Tinggi dan Program Studi juga harus mengawal dan memelihara keberlangsungan dan pertumbuhannya.

Paradigma yang bergulir di ITB dalam dasawarsa terakhir ini telah membawa 25 program studi meraih akreditasi internasional, antara lain dari ABET, ASIIN, JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education), KAAB (Korean Architecture Accrediting Board), RSC (Royal Society of Chemistry) dan ABEST21 Sebagian dari program studi ini bahkan memasuki putaran kedua akreditasi internasionalnya. Selain itu, ITB juga secara aktif berkontribusi pada asesmen penjaminan mutu akademik dalam naungan AUN-QA (Asean University Network—Quality Assurance).

Download Materi :

Download Flyer :

(source : spm.itb.ac.id)

admin LPM-UMI

Related Posts
Leave a reply

*