Lembaga Penjaminan Mutu UMI Laksanakan Workshop SPMI Program Asuh PT Unggul 2019

By Admin LPM-UMI | 241 View | 03 Mei 2019, 13:15:53 WIB

Lembaga Penjaminan Mutu UMI Laksanakan Workshop SPMI Program Asuh PT Unggul 2019

Perguruan Tinggi unggul merupakan salah satu indikator keberhasilan pendidikan tinggi, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi menuju budaya mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI menyelenggarakan Program Asuh Menuju Prodi Unggul (Program Asuh) tahun 2019, dimana perguruan tinggi yang telah terakreditasi A diberikan kesempatan untuk mengasuh/membimbing PT lain yang prodinya masih terakreditasi C dan diprioritaskan pada daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). Setiap Universitas yang institusinya telah terakreditasi A berhak mengajukan proposal program asuh,  Alhamdulillah Universitas Muslim Indonesia dipercaya menjadi salah satu perguruan tinggi Asuh tahun 2019 bersama 20 perguruan tinggi unggul lainnya sesuai keputusan Dirjen Belmawa No.74/B/HK/2019 tentang Perguruan Tinggi Penerima Program Asuh Menuju Program Studi Unggul.

Pada tanggal 25-26 April 2019, Alhamdulillah program pertama yaitu Workshop Penyusunan Dokumen dan Ilmplementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dicanangkan dan dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu di Tolitoli Sulawesi Tengah dengan melibatkan empat Perguruan Tinggi di Tolitoli yaitu Universitas Madako, STIP Mujahiddin, STAI Al Munawarah dan STIE Mujahiddin dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang, dilanjutkan pada tanggal 30 April s.d. 1 Mei 2019 di Namlea Ambon adalah Universitas Iqra Buru dengan 16 Program Studi yang dihadiri oleh 35 orang peserta.

Prof. Abdul Maksud sebagai ketua tim Program Unggul PT Asuh menyampaikan dalam setiap kesempatan pembukaan acara kegiatan bahwa “program ini diharapkan mampu meningkatkan mutu PT dengan cara meraih nilai unggul akreditasi PT Asuhan, agar mampu bersaing dengan PT unggul lainnya, menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi menghadapi era revolusi industri 4.0. Kegiatan ini menghadirkan para fasilitator yang telah mengantongi sertifikat fasilitator wilayah dari Dirjen Belmawa Ristekdikti diantaranya yaitu: Prof. Dr. Ir. Abdul Makhsud, DEA, Ir. Syamsuddin Yani, MT., Ph.D, IPM, ASEAN Eng, Dr. Fatmah Afrianty Gobel, SKM., M.Epid dan Dr.  Ir. Andi Asni, MP.

Dalam kegiatan workshop tersebut para peserta dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun dokumen SPMI, yang merupakan salah satu unsur penilaian utama dalam Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau akreditasi terbaru saat ini, karena sejak tahun 2018 lalu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)  telah merilis Instrumen akreditasi program studi (IAPS 4.0) dan Instrumen Akreditasi Pendidikan Tinggi (IAPT 3.0). Nantinya para peserta dapat mempersiapkan seluruh dokumen SPMI nya sejak awal demi tercapainya prodi atau PT unggul seperti yang diharapkan, sesuai tujuan program unggul PT Asuh.