LPM Umi Latih Calon Auditor Mutu Internal

By Admin LPM-UMI | 72 View | 01 Jul 2021, 12:10:02 WIB

LPM Umi Latih Calon Auditor Mutu Internal

Mutu Pendidikan tinggi merupakan tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan Standar Pendidikan Tinggi yang terdiri atas Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi. Dalam menjalankan sistem penjaminan mutu internal, perguruan tinggi mengacu pada standar nasional Pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, dan standar yang ditetapkan oleh universitas, UPPS dan program studi. Dalam rangka implementasi siklus SPMI yaitu Penetapan standar, Pelaksanaan standar, Evaluasi pelaksanaan standar, Pengendalian pelaksanaan standar dan Peningkatan standar (PPEPP) maka perlu dilakukan evaluasi sebagai salah satu butir siklus SPMI.
Audit Mutu Internal (AMI) merupakan bagian dari Evaluasi pelaksanaan standar yang harus dilakukan secara berkala setiap tahun. Dalam pelaksanaan AMI diperlukan auditor yang handal memiliki kompetensi dan mematuhi kode etik. Auditor yang handal perlu mendapatkan pembekalan sehingga Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muslim Indonesia menyelenggarakan pelatihan calon auditor dan penyegaran auditor mutu internal yang diikuti oleh 54 calon auditor dan 39 auditor sejak tanggal 28 Juni  hingga 7 Juli  2021, kegiatan dilakukan dengan metode blended learning, yaitu secara online melalui zoom dan praktek audit mutu internal langsung ke program studi yang dipilih oleh LPM.
Dalam sambutan pembukaan pelatihan Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Ir. H. Hanafi Assad MT menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan auditor sangat penting  dalam rangka menambah jumlah auditor, sebagai bentuk komitmen dan dukungan Universitas AMI telah menjadi agenda kegiatan rutin dalam kalender akademik UMI yang dinyatakan sebagai bulan mutu UMI yaitu bulan Juli-Agustus setiap tahun. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Prof. Dr. Ir. Abdul Makhsud, DEA, LPM menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting, selain dalam rangka menambah jumlah auditor juga diharapkan dapat membekali dosen sebagai calon auditor untuk memahami prinsip dan implementasi sistem penjaminan mutu internal terkait dengan siklus PPEPP, sebagai seorang auditor perlu dibekali secara komprehensif terkait tugas sebagai auditor dan teori praktek pelaksanaan audit mutu internal. Bertambahnya jumlah auditor sebagai representasi dari masing-masing prodi dalam lingkup UMI selain bertugas sebagai auditor AMI, juga diharapkan dapat membantu mempersiapkan dalam peningkatan peringkat akreditasi. Keberadaan auditor dimasing-masing prodi diyakini dapat membantu Prodi dengan meningkatkan pelaksanaan standar yang ditetapkan karena sistem penjaminan mutu internal yang berjalan dengan baik akan melahirkan sistem penjaminan mutu eksternal yang memuaskan.